Cara Mengurus Perizinan PIRT Makanan

Cara Mengurus Perizinan PIRT Makanan

Mengurus perizinan PIRT untuk makanan – Apakah Anda pernah mendengar PIRT? Ya, istilah ini mungkin sedikit asing untuk orang-orang yang tak bergerak di bidang usaha pangan atau makanan. PIRT sendiri merupakan singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga.

PIRT sendiri memiliki nomor yang digunakan khusus untuk makanan serta minuman yang bisa bertahan di atas 1 minggu. Masa berlaku nomor ini adalah 5 tahun. Setelahnya, bisa diperpanjang. Sementara itu, nomor ini untuk produk yang bisa bertahan di bawah 1 minggu berlaku sampai 3 tahun. Pengurusan PIRT dapat dilakukan selama 1 minggu sampai 3 bulan.

Anda mungkin akan bertanya-tanya, bagaimana cara mengurus perizinan PIRT untuk makanan. Penasaran dengan cara mengurus perizinan PIRT untuk makanan? Ingin mengetahui apa saja yang harus disiapkan untuk mengurus PIRT? Berikut ini adalah pembahasannya.Cara mengurus perizinan PIRT untuk makanan yang pertama adalah menyiapkan beberapa arsip perizinan. Setelah arsip siap, Anda bisa langsung datang ke dinas kesehatan dengan membawa beberapa ketentuan berikut.

  • KTP yang sudah difotokopi
  • Dua lembar foto ukuran 3×4
  • Surat Keterangan Domisili Usaha yang didapat dari kantor kecamatan
  • Surat keterangan dari puskesmas atau dokter
  • Denah lokasi dan bangunan

Cara mengurus perizinan PIRT untuk makanan selanjutnya, isilah formulir pendaftaran. Dinas kesehatan melakukan survey lokasi pembuatan makanan ringan secara langsung. Jika tidak ada masalah, surat PIRT dikeluarkan dalam waktu 2 minggu. Selain itu, diadakan penyuluhan bagi pengusaha untuk mengawetkan makanan, menulis nomor registrasi, dan sebagainya.

Biasanya penyuluhan diberikan dengan cara kolektif. Anda akan diberi ilmu dan penyuluhan dengan lengkap. Mulai dari cara memproduksi makanan dengan aman dan benar, memakai bahan pengawet, sanitasi, serta bahan tambahan untuk produk makanan olahan. Lalu, pihak dinas kesehatan mengeluarkan sertifikat penyuluhan serta sertifikat PIRT.

Perlu Anda ketahui, beberapa produk di bawah ini tidak bisa mendapat perizinan PIRT.

  1. Susu dan produk hasil olahannya
  2. Daging, ikan, unggas, serta produk hasil olahannya yang memerlukan proses penyimpanan dan/atau pembekuan
  3. Makanan kaleng
  4. Makanan untuk bayi
  5. Minuman yang mengandung alkohol
  6. Air mineral
  7. Makanan atau minuman yang harus memenuhi syarat SNI
  8. Makanan atau minuman yang ditetapkan badan POM

Pencantuman kode PIRT akan mempermudah Anda memasarkan makanan atau minuman dan lebih diminati konsumen. Ulasan mengenai cara mengurus perizinan PIRT untuk makanan di atas dapat Anda coba untuk mendapatkan nomor PIRT. Cukup mudah bukan cara mengurus perizinan PIRT untuk makanan?

Inspirasi Bisnis Aksesoris Sepakbola

Salah satu cabang kompetisi olahraga yang yang digilai banyak orang di seluruh belahan dunia adalah pertandingan sepakbola. Nah, kondisi ini rupanya tak hanya dijadikan sebagai hobi saja. Namun, juga mendatangkan keuntungan tersendiri dengan berbisnis dengan tema sepakbola.

Untuk berbisnis dengan tema sepakbola anda dapat menemukan inspirasi bisnis aksesoris sepakbola. Nah, apa saja inspirasi bisnis aksesoris sepakbola yang dapat dijadikan sebagai ladang rezeki? Inilah ide dan inspirasi bisnis aksesoris sepakbola spesial untuk anda:

Bisnis fashion seputar sepakbola

Salah satu pernak-pernik yang banyak diminati oleh banyak konsumen adalah fashion yang berhubungan seputar sepakbola. Fashion inipun sangat beragam seperti topi bola, kaos bola kasual, batik bola, jersey bola, sepatu bola, jaket bola, syal bila, dompet club bola dan semacamnya.

Aksesoris ringan sepakbola

Macam akseosoris atau pernak-pernik sepakbola yang banyak dicari oleh para penggila bola adalah gantungan kunci, boneka logo club bola, payung, helm club bola, karikatur pemain sepak bola, jam tangan club bola, miniatur stadion, mini football figure atau soccer figure, handuk club bola, stiker dan masih banyak lagi.

Barang-barang interior tema bola

Tanya hanya fashion dan aksesoris ringan saja, ternyata barang-barang interior serba bola juga menjadi peluang bisnis anda, produk-produk tersebut adalah seperti karpet club bola, tempelan kaca, wallpaper dinding club bola, bantal club bola, lampu tidur club bola, furniture club bola, jam dinding club bola, selimut club bola, sprei club bola dan sejenisnya.

Tertarik untuk menggunakan inspirasi bisnis aksesoris sepakbola? Rangkaian inspirasi bisnis aksesoris sepakbola seperti yang telah anda simak tadi dapat menjadi referensi peluang bisnis yang menguntungkan. Nah, anda bisa menyiasati inspirasi bisnis aksesoris sepakbola dengan memainkan dua jenis bisnis yakni online dan offline.

Untuk bisnis online anda perlu media pendukung seperti internet dan media sosial. Sedangkan untuk bisnis offline anda perlu tempat strategis untuk membuat toko agar cepat dikenal masyarakat. Jangan lupa memanfaatkan trik-trik pemasaran untuk mengembangkan bisnis anda akan semakin meningkat.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Daftar Pirt- Singkatan Pirt- Pirt Singkatan- Pirt Artinya- Pirt Adalah Singkatan Dari- Persyaratan Pirt- Perbedaan Pirt Dan Bpom- Pengertian Pirt- Pengajuan Pirt- Dinkes Pirt- Biaya Pembuatan Pirt- Cara Mengurus Pirt Online- Cara Mengurus Pirt Makanan- Cara Mengajukan Pirt- Cara Mendapatkan Pirt- Cara Mendaftarkan Pirt- Cara Membuat Pirt Online- Cara Membuat Pirt Makanan- Cara Daftar Pirt- Biaya Pengurusan Pirt-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *