5 Hal yang Mengharuskan Anda Menghentikan Diet Ketat
5 Hal yang Mengharuskan Anda Menghentikan Diet Ketat

5 Hal yang Mengharuskan Anda Menghentikan Diet Ketat

Apa Anda saat ini sedang menjalani diet ketat? Perlu Anda ketahui jika diet ketat akan mengakibatkan tubuh mengalami penurunan energi. Tak hanya itu, diet tersebut bisa-bisa menyebabkan masalah kesehatan lain pada tubuh Anda. Maka dari itu ada kalanya Anda harus menghentikan diet ketat tersebut.
Diet ketat memang bukan akan menyehatkan tubuh. Justru hanya akan membuat tubuh jadi menemui masalah kesehatan. Bila diet Anda sudah membawa dampak yang tidak baik maka sudah seharusnya untuk menghentikannya sementara waktu. Lalu sebenarnya kapan waktu Anda harus menghentikan diet tersebut. Nah, berikut ini ada 4 hal yang membuat Anda harus berhenti sejenak melakukan diet.

1. Diet yang menyebabkan stres
Bila sedang menjalani diet ketat, biasanya terjadi pergolakan batin. Dimana keinginan makan jadi terhalangi karena adanya diet. Seolah-olah Anda selalu dilarang untuk mengkonsumsi makanan tertentu hingga timbul rasa takut memakannya. Ini bisa jadi stres.
Maka dari itu, Anda perlu untuk sejenak memberikan libur sehari untuk menjalankan diet. Anda berhak makanan apapun tanpa khawatir menyebabkan gemuk. Libur diet setidaknya diberikan sehari sebelum melanjutkan diet kembali.

2. Penurunan energi pada tubuh
Saat Anda menjalankan diet mungkin tubuh pada periode awal akan mengalami keadaan kurang energi. Namun bila hal ini terus terjadi hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Maka hal ini harus diwaspadai.
Anda harus segera menghentikan diet sementara waktu. Perlu diketahui, asupan makanan merupakan sumber energi bagi tubuh termasuk otak kita. Sebab makanan akan menjadi bahan bakar bagi kinerja organ tubuh.

3. Sudah berada pada kurva puncak menurunkan berat badan
Pada dasarnya kurva puncak adalah satu keadaan yang diakibatkan oleh diet ketat yang memperlambat metabolisme. Sehingga dampaknya tubuh memerlukan sedikit makanan atau justru lebih butuh banyak latihan fisik demi menjaga hasil yang ingin diraih.
Bila keadaan ini terjadi, maka jangan sampai menghentikan makan. Sebab akan memperburuk keadaan tubuh. bahkan bisa muncul masalah. Agar metabolisme normal, maka baiknya lakukan kegiatan bersepeda. Selain itu, tetap konsumsi kalori setidaknya seminggu sekali atau setiap usai dua hari menjalani diet ketat.

4. Menderita akibat hasil yang dicapai
Pada diet yang Anda jalankan memang seringkali pengurangan asupan makanan menjadi prioritas utama selain melakukan olahraga. Namun hal ini rupanya akan sangat berpengaruh pada energi dalam tubuh kita.
Bila energi menurun maka bisa jadi semangat Anda untuk melakukan latihan fisik jadi menurun juga. Jika terjadi hal demikian maka segera hentikan sementara waktu atau lakukan cheat day untuk melupakan sejenak diet ketat Anda.

5. Merasa dingin sepanjang waktu
Merasa dingin sepanjang waktu ini tentu berbeda dengan rasa dingin saat cuaca memang dingin ya. Rasa dingin terus menerus ini dikarenakan metabolisme tubuh yang melambat. Lambatnya metabolisme ini karena kurangnya energi yang mana energi ini didapatkan dari asupan makanan.

Bila metabolisme rendah itu berarti aktivitas sel melambat. Sehingga kurang produksi kalori dalam tubuh. semua ini tentunya bertujuan untuk menghemat kalori dalam tubuh karena aupan makanan yang tak mencukupi. Jadi segera hentikan sejenak diet ketat Anda saat alami hal ini. Lakukan aktivitas fisik dan konsumsi makanan sehat secara cukup.