Gambar: knowito.com

Yuk Kenali 5 Jenis Pinjaman Online Ini!

Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula transaksi yang dapat dilakukan dengan bantuan teknologi ini. Masyarakat tidak hanya bisa melakukan transaksi jual beli secara online. Kini mereka sudah bisa melakukan pinjaman online.

Pinjaman secara online adalah sebuah fasilitas pinjaman uang yang dilakukan secara online melalui penyedia layanan atau perusahaan financial technology (fintech). Perusahaan yang menyediakan layanan pinjaman secara online biasanya memiliki aplikasi yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi. Selain dapat dilakukan melalui aplikasi yang dipasang di smartphone, pengguna juga dapat melakukan pinjaman melalui laman penyedia jasa ini.

Pinjaman uang secara online kini tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa layanan ini. Diantara banyaknya penyedia jasa tersebut, ada yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ada juga yang statusnya masih ilegal. Anda harus berhati-hati dalam memilih perusahaan untuk pinjaman uang ini.

Masyarakat lebih memilih pinjaman secara online karena prosesnya lebih mudah daripada pinjaman konvensional. Anda tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mengajukan pinjaman. Yang perlu Anda lakukan hanya mengunduh aplikasi dari perusahaan fintech di smartphone. Semuanya dilakukan secara online, dimanapun dan kapanpun selagi Anda masih bisa terhubung dengan internet.

Syarat Pengajuan Pinjaman

Selain prosesnya yang mudah, syaratnya pun juga mudah daripada pinjaman konvensional. Banyak penyedia layanan yang tidak mensyaratkan nasabahnya memiliki jaminan untuk dapat mengajukan pinjaman. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang memanfaatkan pinjaman online ini ketika sedang terdesak dan membutuhkan uang secepatnya.

Secara umum, syarat pengajuan pinjaman uang secara online adalah sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi BPKB kendaraan (Opsional)
  • Fotokopi kartu kredit (Opsional)
  • Slip gaji

Hampir semua perusahaan fintech mensyaratkan fotokopi KTP dalam mengajukan pinjaman. KTP digunakan sebagai identitas orang yang mengajukan pinjaman. Sedangkan untuk slip gaji, biasanya digunakan sebagai bahan pertimbangan, apakah pengajuan pinjaman akan diterima atau ditolak.

Jenis-Jenis Pinjaman

Setelah mengetahui syarat pengajuan pinjaman secara umum, Anda perlu mengenal jenis-jenis pinjaman online. Jenis pinjaman ini dikategorikan berdasarkan pada jumlah pinjaman, jangka waktu angsuran, suku bunga, agunan, dan tujuan pembiayaan.

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Jenis pinjaman yang pertama adalah Kredi Tanpa Agunan (KTA). Jenis ini memungkinkan nasabah untuk melakukan pinjaman secara online tanpa menggunakan jaminan apapun. Jadi kalau Anda tidak memiliki tanah, bangunan, atau kendaraan yang bisa dijadikan jaminan, jangan khawatir, Anda tetap boleh mengajukan kredit pinjaman ini.

Biasanya, syarat pengajuan KTA adalah memiliki kartu kredit. Tapi ada juga beberapa penyedia layanan yang tidak mengharuskan Anda memiliki kartu kredit. Selama riwayat BI Checking Anda baik, pinjaman yang Anda ajukan kemungkinan besar akan disetujui.

2. Kredit karyawan

Jenis yang kedua adalah kredit karyawan. Pinjaman jenis ini dikhususkan untuk Anda yang berstatus sebagai karyawan. Oleh karena itu, syarat pengajuannya biasanya juga mudah dilengkapi oleh para karyawan, seperti SK Pengangkatan kerja dan slip gaji dari perusahaan.

3. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Jenis pinjaman yang ketiga adalah kredit kendaraan bermotor. Sesuai dengan namanya, pinjaman jenis ini memiliki tujuan untuk membiayai pembelian kendaraan bermotor, baik untuk keperluan individu maupun badan usaha.

4. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Jenis pinjaman secara online yang keempat adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Anda yang ingin memiliki rumah bisa mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan ini. Kredit Pemilikan Rumah tidak hanya disediakan oleh bank, kini perusahaan fintech juga mengakomodir kebutuhan Anda yang satu ini.

5. Pinjaman usaha

Jenis pinjaman uang secara online yang terakhir adalah pinjaman usaha. Bagi Anda yang memiliki usaha dan sedang mencari modal untuk mengembangkan usaha agar lebih besar, Anda bisa mengajukan pinjaman uang secara online melalui perusahaan fintech yang ada. Selain syaratnya yang mudah, melakukan pinjaman secara online memiliki proses yang lebih cepat daripada pinjaman konvesional.

Itulah lima jenis pinjaman uang secara online. Anda bisa memilih jenis pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang penting, sesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan. Hal yang tidak kalah penting, pinjaman berbasis online memang rentan terhadap tindakan kejahatan seperti penipuan online. Maka dari itu, Anda harus memilih penyedia pinjaman berbasis online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). Seperti Cekaja.com marketplace yang menawarkan pinjaman online dari bank-bank besar di Indonesia dan terpercaya karena sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan BI. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan nyaman untuk melakukan segala aktivitas pinjaman melalui internet karena segala aktivitas keuangan Anda telah diawasi langsung oleh negara.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang pinjaman online, atau melakukan simulasi pinjaman uang yang aman dan terpercaya. Simak Referensi dari Kami Tentang Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

Pinjaman Kur Bri Online 2021- Kur Bri Online Tanpa Agunan 2021- Skda Pinjol 2021- Pinjol Yang Terdaftar Resmi Di Ojk 2021- Pinjol Yang Terdaftar Di Ojk Maret 2021- Pinjol Terdaftar Ojk 2021- Pinjol Ojk Terbaru 2021- Pinjol Berizin Ojk 2021- Pinjaman Kur Bri 2021 Online- Pengajuan Kur Bri Online 2021- Akulaku Ojk 2021- Fintech Resmi Ojk 2021- Daftar Pinjol Resmi Ojk 2021- Daftar Pinjol Ojk Terbaru 2021- Daftar Pinjol Ojk 2021- Daftar Pinjaman Online Legal 2021- Daftar Kur Bri Online 2021- Daftar Fintech Legal Ojk 2021- Cara Pengajuan Kur Bri Online 2021- Bunga Pinjaman Akulaku 2021-